Pelanggan listrik golongan daya 900 Volt Ampere (VA) ramai-ramai mengajukan permohonan untuk kembali mendapat subsidi. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, sepanjang 1 hingga 24 Februari 2017 sudah ada 2.571 aduan dari pelanggan golongan 900 VA yang subsidinya dicabut.

Selengkapnya: Pelanggan Ramai-Ramai Ajukan Subsidi Listrik ke Pemerintah

Tarif Dasar Listrik (TDL) kembali mengalami kenaikan per 1 Juli 2017. Kenaikan tarif listrik untuk golongan daya 900VA sebelumnya sudah mengalami kenaikan, per tanggal 1 maret 2017 berlaku sebesar Rp 1.034 per KWH. Lalu per 1 Mei naik kembali menjadi Rp 1.352 per KWH dan per tanggal 1 Juli tarif baru menjadi Rp 1.467,28 per KWH.

Selengkapnya: Awal Juli Tarif Dasar Listrik Kembali Naik

Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basyir membantah ada kenaikan tarif dasar listrik (TDL) saat ini. Tidak ada kenaikan TDL, karena kenaikan TDL itu tidak bisa diputuskan oleh PLN. Itu oleh pemerintah, harus izin DPR. Jadi tidak ada kenaikan TDL

Selengkapnya: PLN: Tidak ada kenaikan tarif listrik, hanya subsidinya yang dicabut

Anggota Komisi VII DPR RI, Eni Maulani Saragih, kembali mengkritisi kebijakan PLN soal pencabutan subsidi listrik untuk golongan 900 VA. Hal ini berkaitan dengan cara PLN menentukan pengguna listrik 900 VA yang masih disubsidi oleh negara.

Selengkapnya: DPR Kritisi Penentuan Subsidi Listrik 900 VA PLN