Bisnis
Typography

illala.com, JAKARTA -- GoPay dan JNE menjalin kerjasama untuk pembayaran di 7 ribu titik layanan JNE seluruh Indonesia.

VP Marketing JNE, Eri Palgunadi menyebut sebagai bentuk layanan kepada masyarakat, JNE menghadirkan sistem pembayaran non-tunai atau cashless atau disebut juga digital payment. Sebagai langkah awal, GoPay menjadi salah satu platform yang memang banyak digunakan oleh masyarakat.Aplikasi pembayaran daring, Gopay, menyatakan ingin mendapatkan manfaat dari besarnya potensi pertumbuhan bisnis jual beli daring dengan masuk ke pembayaran jasa pengiriman ekspres. 

"Dengan kerja sama Gopay dan JNE ini, kami berharap bahwa akan semakin banyak pelaku UMKM terutama pedagang online yang bisa merasakan manfaat pembayaran nontunai sehingga kedepannya perekonomian mereka pun juga ikut terbantu,” ujarnya.

Saat ini, dia menuturkan Gopay sudah bisa diterima di 420.000 rekanan usaha yang 90 persen di antaranya adalah sektor UMKM.

Eri pun mengungkapkan bahwa jangkauan JNE tersebut masih memiliki potensi yang besar untuk terus diperluas terutama dengan pertumbuhan pedagang online di Indonesia.

"Seperti yang pernah disampaikan oleh Presiden Direktur JNE, bahwa saat ini pertumbuhan industri logistik di tanah air mencapai 14,7% dan potensinya akan terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan bisnis online dan ekonomi digital"

Berdasarkan laporan McKinsey, pada 2022 pasar jual-beli daring akan mengalami pertumbuhan sebesar delapan kali lipat dibandingkan pada 2017, dan penjualan dari sektor jual-beli daring diproyeksikan bisa mencapai US$40 miliar.

Salah satu faktor utama yang mendorong pertumbuhan tersebut di Indonesia adalah peningkatan partisipasi pelaku UMKM di pasar digital, menciptakan ekosistem di mana konsumen bisa memiliki lebih banyak pilihan produk serta opsi layanan pengiriman yang dapat diandalkan.

Pelanggan JNE yang melakukan pembayaran menggunakan Gopay bisa menikmati promo cashback sebesar Rp5.000. Layanannya pun ditargetkan dapat dilakukan pada 7.000 gerai dan agen JNE di seluruh Indonesia pada Agustus 2019. "Kami sebenarnya yang penting conversion-nya bagus, dari yang pakai cash jadi pakai Gopay tapi tidak ada target tertulisnya," ujarnya.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, GoPay dan JNE  juga mengadakan workshop bagi 20 UMKM yang merupakan anggota JNE Loyal Customers (JLC) serta 30 fashion blogger.

Kegiatan tersebut menghadirkan Co-Founder Cotton Ink, Ria Sarwono di mana ia membagikan kisah suksesnya dalam menjalankan bisnis secara online.

Bagi member JLC (JNE Loyalty Card), JNE Dan GoPay juga memberikan bonus Double Point untuk transaksi pengiriman paket di titik layanan JNE menggunakan GoPay selama periode 14 – 17 Agustus.