Bisnis
Typography

Illala.com - Intel memamerkan dua prosesor baru dari lini Nervana Neural Network Processor (NNP) yang berguna untuk mempercepat proses pelatihan dan pengambilan keputusan dari berbagai model kecerdasan buatan (AI).

Kedua prosesor ini bernama Spring Crest dan Spring Hill, dan dipamerkan Intel untuk pertama kalinya di Hot Chips Conference di Palo Alto, California, Amerika Serikat, yaitu sebuah simposium teknologi tahunan yang diadakan setiap bulan Agustus.

Prosesor ini dibuat berdasarkan desain Ice Lake yang dibuat dengan pabrikasi 10nm, dan disebut bisa menangani banyak pekerjaan dengan penggunaan energi yang minimal. Seri Nervana NNP mengambil nama dari Nervana Systems, perusahaan yang diakuisisi Intel pada 2016 lalu. Kedua chip ini didesain di fasilitas Intel yang berlokasi di Haifa, Israel.

"Untuk bisa mencapai keadaan di mana AI sudah dipakai di banyak tempat, kita harus berurusan dengan jumlah data yang sangat besar dan memastikan organisasi sudah dilengkapi dengan apa yang mereka butuhkan agar bisa mengefektifkan penggunaan data dan bisa memprosesnya secara langsung di tempat data itu dikumpulkan," ujar Naveen Rao, VP Intel untuk Artificial Intelligence Products Group.

"Komputer-komputer ini membutuhkan akselerasi untuk pengaplikasian AI yang rumit," tambahnya.

Nervana Neural Network Processor for Training (Intel Nervana NNP-T) dilengkapi kemampuan untuk menangani data dari berbagai model deep learning, dan bisa juga memberikan performa tinggi dan meningkatkan efisiensi memori.

Sebelumnya Baidu juga mendaftarkan diri sebagai partner pengembangan untuk NNP-T, yang memastikan pengembangannya bisa sejalan dengan kebutuhan konsumen untuk melatih hardware-nya.

Ada juga Nervana Neural Network Processor for Inference (Intel Nervana NNP-I) yang mempunyai tugas sebagai pengambil keputusan AI ketika mendapatkan informasi baru. Prosesor baru ini diklaim bisa memberikan performa lebih kencang dengan penggunaan daya yang lebih kecil.