Pemalang
Typography

Pelayanan penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), merupakan bagian dari Urmintu Sat Intelkam yang bertugas memberikan pelayanan dan pengawasan administrasi dalam bentuk penerbitan SKCK bagi masyarakat.

Polsek Petarukan yang dipimpin AKP Amin Mezi S, SH, MH. Bersama anggota selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan profesional bagi warga yang membutuhkan, Selasa 11/7/2017.

Selama sepekan ini, permintaan pelayanan SKCK di Polsek Petarukan meningkat tajam. Ipda Tumijan beserta anggota unit Intel lainnya memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional dengan mengedepankan primsip humanisme, fleksibilitas, dan keterbukaan.

“Kami memberikan pencerahan dan informasi publik tentang tata cara dan mekanisme penerbitan SKCK, yang dulu lebih dikenal dengan surat keterangan kelakuan baik (SKKB),” jelas Ipda TUmijan.

SKCK, kata Ipda Tumijan merupakan surat yang dikeluarkan/diterbitkan oleh Kepolisian Republik Indonesia melalui Kepolisian Sektor (Polsek) atau Kepolisian Resor (Polres) setempat dan berisikan tentang catatan seseorang yang terdapat dalam data Kepolisian.

“SKCK diperlukan untuk berbagai macam urusan administrasi ataupun sebagai persyaratan untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk mengikuti penerimaan CPNS, melamar TNI/Polri, melamar pekerjaan dalam negeri maupun luar negeri, dan lain sebagainya. SKCK berlaku hanya 6 bulan sejak tanggal diterbitkan dan bisa diperpanjang jika memang diperlukan,” jelas Ipda Tumijan.

Selama kegiatan pembuatan penerbitan SKCK berjalan dengan lancar, masyarakat tidak komplain dalam melengkapi persyaratannya, dan saat memasuki kantor yang membawa tas dan peralatan lainnya, diperiksa oleh petugas Ka SPK.

 

Humas Polres Pemalang