Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani

Dunia
Typography

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani mengungkapkan kesiapan negaranya untuk berdialog guna menyelesaikan krisis diplomatik dengan Arab Saudi dan sekutunya dikawasan teluk, namun setiap solusi untuk krisis Teluk harus menghormati kedaulatan negaranya.

"Kami terbuka untuk dialog untuk menyelesaikan masalah yang luar biasa [selama kedaulatan Qatar] dihormati " kata Al Thani dalam pidato di televisi pada hari Jumat, yang pertama sejak Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir memutuskan hubungan dengan semenanjung tersebut. 

Qatar telah menjadi sasaran kampanye yang belum pernah terjadi sebelumnya, Al Thani mengatakan, bahwa dia menghargai mediasi Kuwait dan dukungan dari Amerika Serikat, Turki dan Jerman atas usaha mereka untuk menyelesaikan krisis tersebut.

Emir Qatar berterima kasih kepada Turki karena menerima perjanjian kerjasama yang ditandatangani untuk memenuhi kebutuhan dasar selama krisis.
"Jelas bahwa kampanye melawan kita telah direncanakan sebelumnya" kata Al Thani.

Emir memuji solidaritas yang ditunjukkan rakyat Qatar dalam menghadapi krisis tersebut, dan mengatakan akan membuat negaranya, yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia sepak bola pada 2022, bahkan lebih tangguh.