Kesehatan
Typography

Illala.com - Percaya atau tidak, wanita memiliki kecenderungan lebih besar untuk mengalami mata kering daibandingkan dengan pria. Karena hanya wanita yang paling sering mengalami perubahan hormone dalam siklus tahunan. Bingung apa yang harus dilakukan untuk mengatasi mata kering yang menganggu? yuk simak sekarang

Gejala mata kering

Mata kering terjadi ketika mata tidak menghasilkan air mata seperti seharusnya, atau saat komposisi pendukung air mata tidak pada konsistensi yang tepat dan menguap terlalu cepat. Ketika air mata tidak bisa melumasi mata dengan baik, Anda bisa mengalami:

  • Perih
  • Sensitivitas terhadap cahaya
  • Sensasi kesat atau berpasir di dalam mata
  • Sensasi panas, menyengat, atau gatal di dalam mata
  • Seperti ada yang menyangkut di dalam mata
  • Kemerahan
  • Penglihatan kabur
  • Mata lelah dan berair
  • Lendir di dalam atau di sekitar mata

Jika tidak diobati, kondisi ini akan menyebabkan peradangan, nyeri, bisul, atau bekas luka di kornea. Pada kasus tertentu, mata kering menyebabkan kehilangan penglihatan sebagian. Namun begitu, kehilangan penglihatan total sebagai akibat dari mata kering adalah hal yang sangat langka.

masalah mata kering memang bisa dirasakan oleh siapa saja. Terutama untuk orang-orang yang sering menatap komputer terlalu lama, atau sering menghabiskan waktu di luar ruangan. Namun apakah penyebab mata kering hanya itu saja? Lalu bagaimana cara mengatasi mata kering jika gejala yang dialami sudah cukup parah seperti muncul rasa terbakar hingga gatal yang menyengat.

Apa yang menyebabkan mata kering?

Berikut rangkuman tentang penyebab dan cara mengatasi mata kering

1. Mata Kering Akibat Proses Penuaan

Penyebab mata kering yang pertama adalah faktor usia. Menurut penelitian, 30% orang di dunia, yang sudah berusia 50 tahun keatas sudah pasti memiliki mata kering. Hal ini bisa terjadi karena produksi air mata semakin menurun seiring bertambahnya usia. Kemudian, bagian kelopak mata juga menjadi kurang sensitive untuk meratakan air ke seluruh mata bagi orang-orang lanjut usia. 

Cara mengatasi mata kering pada fase ini adalah bisa dengan menggunakan obat tetes mata atau air mata buatan. Kedua cairan ini bisa kamu temukan dengan mudah di apotik. Atau biasanya sesuai dengan resep dokter supaya penggunaannya lebih terjadwal. 

2. Penggunaan komputer dalam waktu lama

Penggunaan komputer dalam waktu lama merupakan penyebab umum matamu bisa kering. Hal ini dapat terjadi karena seseorang jarang berkedip saat memandang layar komputer. Padahal berkedip dapat membuat mata menjadi lebih berair dan tidak kering. Akibatnya, kamu akan merasa tidak nyaman dengan efek radiasi komputer. Untuk itu, usahakan untuk selalu berkedip saat melihat layar komputer.

3. Kosmetik

Beberapa orang yang pernah menjalani operasi mata LASIK melaporkan mengalami mata kering beberapa minggu setelah operasi. Gejala biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan, tapi dalam beberapa kasus dapat berjalan terus.

Lensa kontak juga bisa mengiritasi mata dan menyebabkan mata kering.

4. Faktor Lingkungan

Sobat yang lebih sering menghabiskan waktu di luar kantor, banyak berpergian ke beberapa tempat, cenderung mengalami resiko mata kering lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena mata sering terkena angin, debu, kotoran, tiupan udara panas dan lai-lain. Namun, bagi kamu yang menghabiskan waktu lebih banyak didalam kantor, bukan tidak mungkin mengalami mata kering juga. AC misalnya bisa menyebabkan mata kering, Ladies.

Di fase ini, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan kacamata pada saat akan beraktivitas di luar ruangan. Kamu bisa menggunakan kacamata hitam atau yang memiliki perisai di masing-masing sampingnya untuk menjaga serta memperlambat penguapan air mata. 

5. Kekurangan Vitamin A

Penyebab mata kering yang terakhir adalah karena kamu kurang mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli, bayam, selada, dan lain-lain. Kemudian kamu juga kurang mengonsumsi sayuran orange seperti wortel, ubi, dan labu. Jika memang kamu sedang diet, jangan jadikan diet sebagai penghalang untuk mengonsumsi jenis sayuran tersebut, ya. Karena vitamin yang terkandung dalam sayuran tersebut sangat penting untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh.