Seputar Nasional

Grid List

Jalan Trans Papua

Nasional

Gempa berkekuatan 7,6 SR yang mengguncang Papua pada Senin 26 Februari 2018 dini hari. Gempa tersebut berdampak pada kondisi infrastruktur jalan Trans Papua.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) X Papua dan Papua Barat, Osman Marbun mengatakan gempa tersebut mengakibatkan kondisi jalan Trans Papua di ruas Boven Digul-Waropko-Iwur menjadi retak-retak.

Menurut Osman, kondisi jalan yang retak-retak tersebut tak membuat jalan menjadi tak bisa dilalui. Pihaknya pun akan segera menutup bagian yang retak tersebut dengan melakukan penimbunan pasir batu terlebih dahulu.

"Kondisi kerusakannya tidak sampai menyebabkan jalan tidak berfungsi, nanti kami akan segera tutup dengan menambalnya. Nanti kita isi timbunan pasir batu dulu sebelum kita tutup permukaannya dengan aspal kembali," terang Osman.

Dari penampakan gambar yang diterima redaksi, kondisi jalan yang mengalami retak ada yang terdapat pada bagian sisi jalan maupun di median jalan. Ada pula sebagian jalan yang mengalami amblas yang terdapat pada bagian sisi kiri jalan.

Komisi I DPR akan meminta penjelasan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara terkait akun Instagram milik Ustaz Abdul Somad yang di-suspend. Jika tidak dapat penjelasan yang memuaskan, Komisi I akan memanggil langsung Instagram.

Sebelumnya, saat akun Instagram Ustadz Somad di-suspend, Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari mengaku langsung menghubungi pihak Menkominfo. Abdul meminta menkominfo memberikan teguran kepada Instagram, sudah ditegur dan akun sudah dipulihkan kembali," kata Abdul.

Menurut Abdul, Instagram Ustadz Somad yang di-suspend tanpa alasan jelas dapat menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Hal ini karena banyaknya follower Ustadz Abdul Somad

"Karena kan Ustaz Abdul Somad ini kan sekarang menjadi magnet dari sekian juta orang, nanti bisa memperkeruh suasana. Bukan masalah Ustaz Abdul Somad nya saja, ini para jemaahnya bisa nggak terima. Jadi kita komunikasi dan Alhamdulillah sudah dipulihkan kembali. Ya tentunya ini pesan, jangan langsung men-suspend begitu," ucap Abdul.
"Tadi pagi, bukan kirim surat, kita langsung telfon Menteri aja. Tapi kami meminta Menkominfo menegur Instagram," imbuhnya.

Pada Minggu (25/2/2018) sekitar pukul 19.52 WIB, akun dengan nama @ustadzabdulsomad tersebut sudah dapat kembali diakses. Terlihat jumlah pengikut sebanyak 1,6m dengan posting-an sebanyak 428 kiriman.

Pelanggan listrik golongan daya 900 Volt Ampere (VA) ramai-ramai mengajukan permohonan untuk kembali mendapat subsidi. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, sepanjang 1 hingga 24 Februari 2017 sudah ada 2.571 aduan dari pelanggan golongan 900 VA yang subsidinya dicabut.

Tarif Dasar Listrik (TDL) kembali mengalami kenaikan per 1 Juli 2017. Kenaikan tarif listrik untuk golongan daya 900VA sebelumnya sudah mengalami kenaikan, per tanggal 1 maret 2017 berlaku sebesar Rp 1.034 per KWH. Lalu per 1 Mei naik kembali menjadi Rp 1.352 per KWH dan per tanggal 1 Juli tarif baru menjadi Rp 1.467,28 per KWH.

Anggota Komisi VII DPR RI, Eni Maulani Saragih, kembali mengkritisi kebijakan PLN soal pencabutan subsidi listrik untuk golongan 900 VA. Hal ini berkaitan dengan cara PLN menentukan pengguna listrik 900 VA yang masih disubsidi oleh negara.

Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basyir membantah ada kenaikan tarif dasar listrik (TDL) saat ini. Tidak ada kenaikan TDL, karena kenaikan TDL itu tidak bisa diputuskan oleh PLN. Itu oleh pemerintah, harus izin DPR. Jadi tidak ada kenaikan TDL