Nasional
Typography

Illala.com - Aksi seorang pelajar SMK Pasundan Cianjur bernama M Ridwan Suryana banjir pujian. Foto Ridwan saat menolong Erwin itu viral di Facebook setelah diposting akun Arif Hidayat.

Siswa berseragam batik itu spontanitas menolong Erwin yang terkapar setelah sekujur tubuhnya terbakar akibat tersiram minyak yang dilempar RS. Ia memberikan tangannya sebagai sandaran dan memberikan minum air mineral kepada Erwin.

"Saya enggak ikut padamkan api karena ngeri. Setelah api padam, korban itu terbaring sendirian di trotoar. Saya memberanikan diri mendekat kasih minuman. Saat itu korban teriak-teriak sambil kejang, saya tenangin dan kepalanya itu saya sandarkan ke tangan," tutur Ridwan yang kini praktik kerja lapangan (PKL) di kantor wakil bupati Cianjur.

Ia menyadari kondisi tubuh Erwin yang ditolongnya mengalami luka terbuka. Ia melihat saat itu beberapa orang masih dalam kondisi panik, termasuk rekan-rekan Erwin yang tengah mengejar para demonstran.

"Saya spontanitas saja. Saya tidak kenal beliau, hanya perasaan ingin menolong saja. Karena saat itu posisinya sendirian. Saya lihat beberapa media sedang liputan, polisi-polisi juga sibuk mengejar para pelakunya. Saya temani sambil sesekali berteriak minta tolong," ujarnya.

Ridwan tidak mengetahui aksinya itu terekam kamera warganet hingga akhirnya foto-fotonya itu viral di media sosial. "Saya baru tahu nama polisi yang ditolong itu dari berita. Saya juga lihat ada foto saya tersebar di media sosial. Jujur itu aksi spontanitas dan bukan untuk eksistensi atau apa, benar-benar atas dasar kemanusiaan," ucap Ridwan.