Nasional
Typography

Illala.com - Berikut kabar terbaru mengenai polisi terbakar di Cianjur, Ridwan Kamil buka suara

Empat polisi terbakar saat mengawal aksi unjuk rasa mahasiswa di Cianjur, Jawa Barat pada Kamis (15/8/2019).

Empat korban tersebut adalah Aiptu Erwin (anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Bojongherang Polsek Kota Polres Cianjut), Bripda Yudi Muslim dan Bripda FA Simbolon (anggota Sat Sabhara Polres Cianjur), serta Bripda Anif.

Polisi menetapkan tersangka dalam insiden empat polisi terbakar hidup-hidup di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tersangka berinisial RS diketahui sebagai mahasiswa Universitas Suryakancana (Unsur).

RS sosok pria berjas merah yang terekam video saat melempar plastik berisi cairan biru berupa minyak ke arah kerumunan polisi. Waktu itu polisi tengah berusaha memadamkan api saat mahasiswa berunjuk rasa di depan Pendopo Cianjur, Kamis (15/8).

Akibat ulahnya itu, RS yang juga aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cianjur, berurusan dengan hukum. Ia dijerat pasal berlapis.

"Menetapkan satu oknum mahasiswa dari elemen GMNI atas nama RS," ucap Kabid Humas Polda Jabar AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (16/8).

Truno menegaskan RS terindikasi melempar minyak ke arah petugas, Erwin Yudha. Akibatnya, Erwin tersambar api pada ban yang dibakar massa. Tiga polisi lainnya yang terbakar yaitu Yudi Muslim, FA Simbolon dan Anif.

"Untuk tersangka RS ini adalah tersangka yang mengakibatkan terhadap empat personel Polri yang sedang melakukan pengamanan adanya pelemparan. Jadi terindikasi RS inilah yang melakukan pelemparan dalam bentuk bahan bakar cair dalam plastik yang kemudian mengakibatkan tersambarnya korban," tutur Truno.